40 Tahun Perjalanan Karya Biranul Anas Zaman, Yuk Tengok Ada Apa Saja

by



Karya Biranul Anas Zaman di Galeri Nasional Indonesia. Galeri Karya Biranul Anas Zaman di Galeri Nasional Indonesia.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan, Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya, Direktorat Kesenian, dan Galeri Nasional Indonesia menggelar Pameran “Serat Jiwa” sebagai penanda 40 tahun perjalanan karya Biranul Anas Zaman.

Pameran ini diresmikan oleh Hilmar Farid, Direktur Jenderal Kebudayaan, Kemendikbud Senin malam, (25/3/2019) di Ruang Serba Guna Galeri Nasional Indonesia, Jalan Medan Merdeka Timur No. 14 Jakarta Pusat.

Pembukaan ini juga mengetengahkan komponis & pianis Ananda Sukarlan yang akan memainkan beberapa karya yang lengkapnya akan dimainkan di konser piano tunggalnya di Soehanna Hall, Jumat 29 Maret nanti.

Ananda Sukarlan mengatakan, ekshibisi ini akan menampilkan 20 karya seni serat (tapestry) hasil olah artistik Biranul Anas Zaman, serta artefak kain tenun tradisi (Sumba) dan dokumentasi sejarah yang dikumpulkan Biranul Anas Zaman. Karya-karya itu menunjukkan rentang jejak dan jarak tahun  penciptaan yang cukup jauh (sejak tahun 1980–an), dan bisa dianggap mewakili alur perjalanan gagasan kreatif Biranul Anas —khususnya seputar karya-karya yang bersifat individual.

“Tema karya-karya yang ditampilkanpun berbeda, sebagian menunjukan kecenderungan karya yang bersifat abstrak —Biranul Anas, memang, tak terhindar memperoleh pengaruh dari tradisi seni rupa abstrak yang berkembang di lingkungan seni rupa ITB—Institut Teknologi Bandung,” tutur Ananda.

Sebagian karya lain mengandung gambaran simbol-simbol yang digubah dari bentuk-bentuk ragam hias yang hidup dalam tradisi penciptaan kain di Indonesia; beberapa karya juga dikerjakan dengan bentuk-bentuk simbol [huruf] kaligrafi (Islam dan Jepang), dan malahan beberapa mengandung gambaran figur yang bersifat realistik.



Sumber : NetralNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *