Aljazair Vs Nigeria, Duel team Favorit dari Utara dan Selatan

by



Pemain Aljazair ketika melawan Guinea (reuters)

Pemain Aljazair ketika melawan Guinea (reuters)


KAIRO – Dua team favorit, yakni Aljazair dan Nigeria bakal bertempur dalam perburuan gelar menuju partai puncak Piala Afrika 2019 pada babak semifinal di Stadion Internasional Kairo, Senin (15/7), 02:00 WIB. Laga ini menjadi arena pembuktian bagi kedua team sesudah mengalami ‘pasang-surut’ pestasi dalam beberapa tahun terakhir.

Aljazair telah menunjukkan tanda-tanda kebangkitan yang mengesankan di turnamen ini sesudah beberapa tahun yang sulit sejak tersingkir di babak grup Piala Afrika 2017 dan gagal lolos ke Piala Dunia FIFA 2018.

Pun Nigeria yang mengalami periode lebih buruk sesudah akhirnya sanggup menembus fase semifinal Piala Afrika untuk pertama kalinya dalam tujuh peluang terakhir sejak 2000 silam. Hal itu tentu jadi tambahan motivasi bagi kedua team untuk memburu trofi.

Apalagi keduanya hanya butuh dua fase lagi dalam memburu trofi, sekalian mengakhiri pasang-surut prestasi dalam beberapa tahun terakhir.

Untuk bisa mewujudkan itu, pelatih Aljazair, Djamel Belmadi lantas mendesak anak2 asuhnya bisa tampil lebih percaya diri seperti yang mereka perlihatkan ketika mendepak Pantai Gading di babak perempatfinal. team berjuluk El Khadra itu sukses mendepak Pantai Gading melalui adu penalties  4-3 sesudah bermain 1-1 selama 120 menit laga, Jumat (12/7) kemarin.

tetapi, Belmadi mengaku sulit untuk bisa mendapatkan kondisi yang lebih bugar dari para oemain sesudah hanya mendapatkan jatah satu hari masa jeda. Sebaliknya, Nigeria punya waktu jeda lebih lama usai menumbangkan Afrika Selatan (Afsel) 2-1 di fase perempatfinal, Kamis (11/7) lalu.

“Proses pemulihan para pemain akan sulit bagi kami. Sementara Nigeria punya waktu sehari lebih banyak untuk mempersiapkan diri menjalani laga ini,” ungkap Belmadi, dikutip AFP, jelang laga.

Pun, hal itu tak mau dijadikan alasan Belmadi untuk membuktikan taji mereka, sebagai satu-satunya semifinalis yang bukan kontestas Piala Dunia 2018.

Di sisi lain, Nigeria yang sempat keok dari team debutan Madagaskar pada laga terakhir fase grup, tak mau tampil antiklimaks pada laga kali ini sesudah sukses menyingkirkan kampiun bertahan, Kamerun di fase 16 besar dan Afsel di perempatfinal. Pelatih Gernot Rohr pun optimis timnya bisa mengatasi Aljazair, meski target semula lolos ke semifinal.

Hal itu merujuk pada posisi Nigeria dalam daftar rangking FIFA, sebelum turnamen dimulai. Pasukan Rohr itu berada di urutan ke-45 dan hanya keok dari team Afrika lainnya, yakni Mesir (22) dan Tunisia (25).

“Target minimal kami ialah bisa menembus babak semifinal karena kami team nomor tiga di Afrika. Tapi bisa melewati fase ini (semifinal red), aka lebih baik,” beber Rohr. Pemenang di laga ini, akan bertemu dengan duel antara Senegal dan Tunisia di semifinal lainnya.

 

PRAKIRAAN PEMAIN:

Aljazair (4-1-4-1): M’Bolhi (g); Bensebaini, Benlamri, Mandi, Attal; Guedioura; Belaili, Bennacer, Feghouli, Mahrez; Bounedjah.

Nigeria (4-2-3-1): Akpeyi (g); Awaziem, Troost-Ekong, Omeruo, Aina; Ndidi, Mikel; Iwobi, Mikel, Musa; Ighalo.

 

(junius/win)



Sumber : Postkotanews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *