ASG 2019, team Basket Putri Indonesia Waspadai Thailand dan Filipina

by



Timnas Basket putri Indonesia proyeksi ASG 2019 dikala menjalani pelatnas di Semarang. (ist/Kemenpora)

Timnas Basket putri Indonesia proyeksi ASG 2019 dikala menjalani pelatnas di Semarang. (ist/Kemenpora)

JAKARTA  – team basket putri Indonesia optimis bisa menyumbangkan satu medali emas pada kancah ASEAN Schools Games (ASG) 2019 yang akan digelar pada 18-24 Juli akan datang. Rasa optimis itu diungkapkan pelatih Cecep Firmansyah, melihat kondisi anak asuhnya yang mulai mengalami perkembangan positif selama menjalani pelatnas di Semarang.

Usai menjalankan uji coba dengan team Putra Sahabat Semarang, di GOR Sahabat pada 9 Juli lalu, Cecep mengatakan bahwa performa team putri Indonesia telah mulai menunjukkan perkembangan yang baik.

“Pada laga uji coba tadi kita keok dengan skor 58-59, tapi aku melihat permainan yang ditunjukan anak2 telah ada perbaikan. Tapi kami konsisten fokus menjalankan pembenahan untuk menguatkan permaianan di lapangan, seperti pertahanan dan ketenangan pemain dalam memegang bola,” ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima Pos Kota, Sabtu (13/7).

Menurutnya, kekurangn itu ia lihat masih sering banyak kesalahan yang dilakukan pemain ketika di lapangan.  “Kita masih ada waktu kurang lebih beberapa hari ke depan untuk berbenah, beberapa kelemahan pemainya seperti kurang tenang dalam memegang bola ketika menyerang, dan sistem bertahan yang masih lemah akan menjadi fokus utama yang akan dibenahi. Tapi aku optimis anak2 akan menemukan permainan terbaiknya dikala hari H laga nanti,” jelas Cecep

Mengenai peluang team basket putri Indonesia untuk meraih emas di ASG tahun ini, Cecep melihat cukup berpeluang besar. Menurutnya pesaing terberat Indonesia di cabor basket nanti ialah Thailand dan Filipina yang masih mendominasi cabor basket. “Untuk target medali aku konsisten optimis bisa mendapatkanya. Bagi aku Thailand dan Filipina yang patut diwaspadai,” tambahnya.

Sementara Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia ASG 2019, Yayan Rubaeni mengatakan hasil uji coba yang dilakukan team basket Indonesia untuk mengasah mental tanding para pemain.

“Uji coba ini bagus buat anak2 untuk menjaga situasi persaingan dan mental bertanding, hasil bukan yang utama, karena tujuannya untuk memastikan kesiapan tiap atlet di games times nya nanti,” katanya. (junius/win)



Sumber : Postkotanews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *