Digelar Agustus 2019, Pemusik Lintas Angkatan Bakal Ramaikan Ulang Tahun Woodstock ke-50

by



Ilustrasi tiket pagelaran Woodstock perdana tahun 1969. 19Bella Ilustrasi tiket pagelaran Woodstock perdana tahun 1969.

NEW YORK, NNC – Lima puluh tahun sesudah pesta musik Woodstock menjadi salah satu puncak budaya tandingan “hippie”, acara peringatan akan dilangsungkan pada Agustus 2019 di tempat sama di utara kota New York.

Pusat Seni Bethel Woods mengumumkan tiga hari pesta “musik, budaya, dan paguyuban”, yang akan merayakan “ulang tahun emas di tempat bersejarah pergelaran Woodstock 1969”.

Bethel Woods Center, badan nirlaba pemilik lahan 15 hektar, yang menjadi tempat pergelaran Woodstock 1969, mengatakan di Facebook pada Kamis bahwa pesta 16-18 Agustus itu akan menjadi acara seluruh angkatan.

Acara itu akan menampilkan pertunjukan langsung pemusik terkemuka dan baru dari berbagai aliran dan dasawarsa, serta pembicaraan dari peramal dan pakar teknologi terkemuka. Acara itu ialah kerja bareng dengan penaja pergelaran Live Nation.

Rincian penampil, karcis dan peserta lain akan diumumkan kemudian, kata Bethel Woods Center.

Pesta Woodstock pada Agustus 1969, yang disebut “tiga hari perdamaian dan musik”, dianggap sebagai salah satu ketika penting dalam sejarah musik dan budaya tandingan pada 1960-an.

Selama tiga hari, yang kadangkala hujan, lebih dari 30 pemusik -termasuk Jimi Hendrix, Janis Joplin, The Who, The Band, dan Grateful Dead- tampil duapuluh empat jam di depan 400.000 penonton, yang sebagian besar menonton secara gratis dan berkemah di lahan berlumpur itu. Acara itu diabadikan dalam film “Woodstock” pada 1970, yang meraih Oscar.

Kendati dikenal sebagai Woodstock, pergelaran sebenarnya diadakan di Bethel, sekitar 110 kilometer selatan desa Woodstock di bagian utara negara bagian New York. Bethel berjarak 144 kilometer di utara kota New York.

“Pada lima puluh tahun lalu, orang -yang berkumpul dengan damai di tempat kami- terilhami untuk mengubah dunia melalui musik,” kata Darlene Fedun, pemimpin pelaksana Bethel Woods Center, dalam pernyataan, yang mengumumkan acara ulang tahun ke-50 itu.

“Kami konsisten setia untuk melestarikan kekayaan sejarah dan motivasi itu serta mendidik dan mengilhami angkatan baru untuk memberi iuran secara baik pada dunia melalui musik, kebudayaan dan paguyuban,” kata Fedun.

Acara Bethel Woods tak terkait dengan Michael Lang, penyelenggara pergelaran pada 1969, yang juga berbicara perihal rencana untuk mengadakan peringatan 50 tahun tapi belum membikin pengumuman. Pesta peringatan Woodstock juga diadakan pada 1994, 1998 dan 1999.

Seperti dikabarkan Antara, minggu (30/12/2018), disebutkan bahwa banyak seniman Woodstock 1969 telah meninggal. Yang masih hidup dan masih tampil pada usia 70-an mereka termasuk Joan Baez, Roger Daltrey dan Pete Townshend dari The Who, dan David Crosby, Neil Young, Graham Nash dan Stephen Stills dari Crosby, Stills, Nash and Young.



Sumber : NetralNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *