Indonesia U-19 Gagal Menang di 3 Laga Beruntun, Ini Evaluasi Indra Sjafri

by



Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri. (instagram pssi)

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri. (instagram pssi)

BEKASI – Timnas Indonesia U-19 kembali mencatat hasil kurang memuaskan setelah takluk 1-2 dari Arab Saudi pada laga uji coba di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Rabu (10/10/2018). Hasil itu melengkapi puasa kemenangan yang dialami Garuda Nusantara dalam tiga laga uji coba menjelang berlaga di ajang Piala Asia (AFC) U-19 2018.

Sebelumnya, Garuda Nusantara hanya mampu bermain imbang 2-2 melawan Thailand dan kalah 0-3 dari Tiongkok pada ajang PSSI Anniversary Cup U-19 2018.

Menanggapi puasa kemenangan tersebut, pelatih Indra Sjafri justru tetap optimis bisa memperbaiki performa anak-anak asuhnya sebelum berlaga di Piala AFC U-19 yang akan mulai digelar 18 Oktober mendatang. Ia menilai anak asuhnya memiliki kemajuan, terutama dari segi mental usai menghadapi Arab Saudi.

“Saya melihat para pemain sudah punya keinginan untuk memenangkan pertandingan. Dari segi mental, kami mulai percaya diri dan kami berharap saat menghadapi Yordania, tim bisa tampil lebih baik lagi,” kata Indra, selepas laga.

(Baca: Indra Sjafri Siapkan 23 Pemain untuk Piala AFC 2018)

Selanjutnya, Garuda Nusantara akan kembali melakoni laga uji coba kontra Yordania, akhir pekan ini. Ia pun bertekad bakal memperbaiki sejumlah kekurangan yang masih dialami timnya setelah menghadapi Arab Saudi.

“Secara keseluruhan menurut saya, untuk pemain bertahan banyak melakukan pelanggaran yang tak perlu. Lalu sisi serangan juga masih lemah padahal ada 11 on target. Transisi juga perlu diperbaiki dari bertahan ke menyerang dan waktu counter attack juga masih lambat,” imbuhnya.

(Baca: Lawan Arab Saudi, Indra Sjafri Simpan Egy)

Meladeni Arab Saudi di Stadion Wibawa Mukti, Garuda Nusantara tertinggal lebih dulu lewat gol Abdullah Alhamdan pada menit ke-37. Namun Garuda Nusantara yang tampil tanpa Egy Maulana Vikri berhasil menyamakan kedudukan, berkat gol Saddil Ramdani pada penghujung babak pertama.

Berawal dari penetrasi di sisi kanan, Saddil melewati dua pemain lawan sebelum melepaskan tendangan dari luar kotak penalti yang meluncur deras ke gawang Arab Saudi. Skor 1-1 kemudian bertahan hingga turun minum.

(Baca: Lawan Arab Saudi, Timnas Indonesia U-19 Kalah Tipis)

Sayang, gawang Indonesia, kawalan M. Riyandi kembali jebol pada menit ke-69, lewat aksi Abdullah Alhamdan dari titik putih. Hadiah penalti diberikan wasit untuk Arab  Saudi, akibat pelanggaran yang dilakukan Asnawi Mangkualam di kotak terlarang.

Meski menguasai laga di sisa menit pertandingan, Indonesia gagal mencetak gol penyeimbang karena buruknya penyelesaian akhir. Skor 2-1 untuk Arab Saudi bertahan hingga peluit panjang dibunyikan. (junius/ys)



Sumber : Postkotanews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *