Marc Marquez Resmi Juara Dunia MotoGP 2018 di Motegi Jepang

by



Marc Marquez juara dunia MotoGP 2018 di Motegi Jepang. (reuters)

Marc Marquez juara dunia MotoGP 2018 di Motegi Jepang. (reuters)

JEPANG – Pebalap MotorGP  Repsol Honda Marc Marquez  akhirnya kembali meraih gelar juara dunia MotoGP 2018 setelah dalam balapan MotoGP Motegi, Jepang berhasil finis ditempat pertama.

Kemenangan pada MotoGP Jepang 2018 membuat Marc Marquez sudah tak lagi mungkin digusur dari puncak klasemen. Tambahan 25 poin membuatnya kini sudah mengoleksi 296 poin.

Gelar juara dunia  MotoGP ke-5 kalinya ini  diperolehnya  setelah saingan terdekatnya pebalap Ducati Andrea Dovizioso jatuh di dua lap terakhir dan terpaksa finis diurutan 18 tanpa meraih poin.

Jalannya perburuan  tempat pertama di sirkuit “Twin Ring” ini memang terlihat sengit sejak babak awal . Dovizioso yang mendapat ‘pole’ position terus memimpin di awal-awal lap, dan langsung dibayangi oleh Marc Marquez yang star diposisi enam. Sementara pebalap Yamaha Movistar Valentino Rossi harus puas finis ke lima.

Pada lap keempat, pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow sempat merebut posisi kedua dari penguasaan Marquez.  Aksi Crutchlow diikuti Rossi yang merebut posisi keempat.

Pertarungan Marquez dan Crutchlow berjalan cukup menarik.Namun pada  lap ketujuh Marques yang  mengasapi Crutchlow untuk kembali menguasai posisi kedua dibelakang Dovi.

Hingga lap ke-10, tak ada perubahan pada posisi tiga terdepan. Sementara Rossi disalip Alex Rins di tikungan kelima. Terlihat bahwa Rossi mulai bermasalah dengan grip motornya.

Duel Marquez dan Dovi terjadi di lap ke-13. Marquez awalnya melewati Dovi di tikungan kesembilan, namun berhasil diambil alih lagi oleh Dovi.

Hingga memasuki tujuh lap terakhir, belum ada tanda-tanda dari Marquez untuk bertarung serius dengan Dovi. Namun mereka  sudah meninggalkan Crutchlow cukup jauh.

Marquez  kemudian mulai menggas motornya di empat lap terakhir. Ia menyalip Dovi di tikungan kesembilan.

Saat balapan tersisa dua putaran, Dovi malah melakukan kesalahan hingga terjatuh. Kondisi ini membuat  Marquez tak kesulitan mengamankan posisi terdepan hingga menyentuh garis finis dan meraih  juara dunia MotoGP 2018.(tri)



Sumber : Postkotanews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *