PDIP Percepat Kongres, Bagaimana Peluang Jokowi Gantikan Megawati?

by


SURATKABAR.ID – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dikabarkan bahak menggelar Kongres Partai ke-V. Kongres itu mulanya dijadwalkan pada 2020 akan datang, tetapi dipercepat menjadi tanggal 8-10 Agustus. Lokasi yang dipakai dalam kongres itu ialah Bali. Sebagai salah satu rangkaian persiapan kongres, partai yang dikomandoi oleh Megawati Soekarnoputri itu akan melaksanakan Rapimnas.

Seperti diwartakan sindonews.com, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menganggap ada tiga hal untuk menilai Kongres PDIP itu. Pertama, dalam kongres mungkin saja fungsionaris PDIP akan konsisten mendaulat Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua biasa partai penguasa untuk terus melanjutkan kepemimpinan.

Adi menilai seandainya Megawati ialah simbol idieologis partai. Putri proklamator Ir. Soekarno itu juga terbukti bisa membawa PDIP selalu kuat dan bertahan.

Hebatnya lagi, di bawah Megawati PDIP bisa survive signifikan dalam habitus yang berbeda baik sebaik oposisi maupun sebagai penguasa sama kuatnya,” ujar Adi, Kamis (13/6/2019).

Kemungkinan kedua ialah didorongnya Puan Maharani sebagai pengganti Megawati. Nama Puan Maharani dianggap paling representatif karena mewarisi dua hal penting yakni, sebagai anak bilologis dan ideologis Megawati untuk melanjutkan trah Soekarno.

“Apalagi Puan ketika ini digadang sebagai kandidat kuat sebagai ketua DPR periode 2019-2020. Suka tak suka, PDIP itu ialah partai yang lekat dengan trah soekarno dan tradisi marhaen,” ungkapnya.

Ketiga, menurut Adi, nama Joko Widodo (Jokowi) juga bisa saja mempunyai peluang. Jokowi ialah salah satu kader terbaik yang punya prestasi cukup membanggakan. Dalam banyak hal, potret politik Jokowi mempersonifikasikan sikap politik kerakyatan sesuai nafas dan ideologi PDIP.

“Problemnya, Jokowi bukan trah bilogis Soekarno.Tapi yang jelas, PDIP ini dibangun atas kultur trah Soekarno dan poin-poin kerakyatan wong cilik,” pungkasnya.



Sumber : SuratKabar.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *