Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-90 Gelorakan Sepeda Nusantara 2018 Etape Salatiga

by



Sebanyak dua ribu lebih pegowes ramaikan Sepeda Nusantara 2018 Etape Salatiga, Jawa Tengah. (junius)

Sebanyak dua ribu lebih pegowes ramaikan Sepeda Nusantara 2018 Etape Salatiga, Jawa Tengah. (junius)

SALATIGA – Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-90 semakin menambah semarak Sepeda Nusantara 2018 Etape Salatiga, Jawa Tengah, minggu (28/10/2018) kemarin. Salah satu program unggulan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di bawah pimpinan Menpora, Imam Nahrawi itu malah sanggup menyedot lebih dari dua ribu peserta dari berbagai lapisan masyarakat di kota Salatiga, Jawa Tengah.

“Program ini (Sepeda Nusantara 2018) dimaksudkan untuk menuju Indonesia sehat, Indonesia bugar melalui bersepeda, yaitu olahraga rekreasi yang selama ini telah menjadi budaya kita, budaya Indonesia sejak dahulu. jikalau dahulu sepeda menjadi alat transportasi utama bagi masyarakat kita, sekarang telah menjadi alat untuk mendukung olahraga kita, khususnya olahraga rekreasi,” kata Deswan, selaku Asisten Deputi Tenaga dan Peningkatan Sumber Daya Pemuda pada Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora, minggu (28/10/2018).

Dipilihnya kota Salatiga sebagai lokasi digelarnya Sepeda Nusantara 2018, tepat di HSP ke-90 karena banyaknya jumlah pemuda di kota yang diapit dua gunung terbesar di Jawa Tengah, Merapi dan Merbabu itu.

“kongkretnya ada 19 lebih komunitas bersepeda di Salatiga yang ambil bagian di kancah ini. Selain itu, suksesnya kegiatan ini juga berkat dukungan dari bapak Walikota (Yulianto) dan jajarannya. Dengan banyaknya peserta yang ikut, kita berkeinginan untuk mengolahragakan masyarakat menuju sehat dan bugar, bisa terwujud,” jelasnya.

Sepeda Nusantara 2018 Etape Salatiga diawali dengan mengumandangkan lagu Indonesia Raya dan ikrar Sumpah Pemuda di Lapangan Pancasila, tepat di depan kantor Walikota. Sepeda Nusantara 2018 Etape Salatiga ini juga memperoleh dukungan langsung dari dua  anggota Komisi X DPR RI, Mujib Rohmat dan Jamal Mirdad.

“Di dalam UU SKN, itu ada olahraga prestasi dan olahraga rekreasi. Oleh karena itu aku, bersama pak Jamal, amat mendukung kegiatan ini,” kata Mujib yang juga diamini Jamal.

“aku berkeinginan dengan berbarengan hari sumpah pemuda, masyarakat Salatiga lebih bersatu dalam menggelorakan hidup sehat melalui Sepeda Nusantara,” timpal Jamal.

Hal senada juga diungkapkan  Walikota Salatiga, Yulianto. Ia pun mengucapkan terima kasih pada Kemenpora yang memberi peluang pada kota Salatiga untuk menggelar Sepeda Nusantara, tepat di HSP ke-90. Salatiga yakni, salah satu dari 72 kota yang dilintasi Sepeda Nusantara 2018 dengan jarak sepanjang 17 kilometer.

“karena masyarakat Salatiga memang gemar berolahraga. Di sini juga tinggal masyarakat dari 33 suku bangsa sehingga aku kira tepat jikalau Salatiga dipilih untuk menggelar Sepeda Nusantara, tepat di hari sumpah pemuda,” tandasnya.

Start dari Lapangan Pancasila, tepat di depan kantor Walikota, para pegowes meluncur ke Jalan Diponegoro, melintasi lingkar Selatan sepanjang 5 kilometer. Kemudian para pegowes akan memperoleh tantangan sesudah melewati pertigaan Grogol karena rute yang menanjak sekira 20-30 serajat.

sesudah melewati Jalan Hasanuddin, rute mulai menurun ketika menjelang pertemuan arus lalu lintas Semarang-Solo. sesudah itu, para pegoes mulai menjelang rute yang datar dan kembali ke Lapangan  Pancasila. (junius/ys)



Sumber : Postkotanews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *