Yogyakarta – Penasaran nggak sih, siapa orang Indonesia yang pertama kali mencap…

by


Yogyakarta – Penasaran nggak sih, siapa orang Indonesia yang pertama kali mencapai puncak Everest? Inilah kisah Clara Sumarwati, yang pernah mengharumkan nama Indonesia.

Clara Sumarwati (53) warga Yogyakarta, menjadi orang pertama Indonesia yang menaklukkan puncak Everest di Pegunungan Himalaya. ia menaklukkan gunung berselimut salju setinggi 8.850 mdpl itu pada tanggal 26 September 1996 silam. “Tahun 1996 (sukses ke puncak Everest),” kata Clara dikala ditemui wartawan di kediamannya, di Kampung Minggiran, Kelurahan Suryodingratan, Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Jumat (12/10/2018). Kegemaran Clara mendaki gunung bermula dikala ia bergabung dengan Resimen Mahasiswa Jayakarta, batalion 11 Universitas Atma Jaya. Setelahnya ia kerap mendaki gunung bersama rekan-rekannya, hingga akhirnya ia sukses ke puncak Everest.

Kisah Clara Sumarwati, Pendaki Indonesia Pertama di Puncak EverestClara menunjukan foto dan sertiifikat Summiter Everest (Usman Hadi/detikTravel) “Sebelumnya aku ke Aconcagua (di Pegunungan Andes) bawa team putri. Aconcagua sukses, aku ke Everest bareng Kopasus. aku ke Aconcagua tahun 1993,” jelas alumnus SMA Taman Siswa Yogyakarta ini.

Atas prestasinya itu, Clara memberanikan diri mendatangi markas Kopasus di Cijantung sekitar tahun 1994. ia mau mendaki gunung bersama-sama angkatan darat, tanpa disangka permintaannya disambut dengan tangan terbuka.

Setelahnya Clara menjalani serangkaian tes di Persatuan Pendaki Gunung Angkatan Darat (PPGAD). ia akhirnya dinyatakan lolos. Sejak itu ia mengikuti latihan ala militer bersama-sama anggota PPGAD, seperti lari, panjat tebing, dan latihan bernafas. “Waktu itu aku latihan di (markas) Kopasus Cijantung,” kenangnya.

Kemudian pada tahun 1994, Clara bersama lima rekan dari angkatan darat mencoba mendaki puncak Everest. Dalam pendakian pertema ini mereka mengambil jalur selatan di Pegunungan Himalaya itu. tetapi usaha mereka belum membuahkan hasil.
.
Lanjut di kolam komentar ⤵️



Source: http://instagram.com/p/ByjHd_hnGvs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *